11 Desember 2012

sanity through insanity

 "jadi kamu berharap hidup sampai kapan?"
tanya dokter tersebut kepada kawan saya yang peminum berat sejak dari remaja.

teman saya tentunya menjawab ya selama mungkin.

dokter tersebut menggaruk-garukan dahinya yg berkerut sembari memandang foto rongent teman saya

"hmm.. mau berapa lama? 20tahun? 30 tahun? biar saya beri tahu satu hal, kamu gak akan melewati 40 tahun."

JEGLEKK!! vonis telah di jatuhkan.

kami terdiam.


Sungguh gila!

kegilaan yang menumbuhkan kewarasan.
lalu apakah kegilaan di perlukan?

setitik kekacauan di perlukan untuk menumbuhkan tunas-tunas kedewasaan.

Kita bisa lihat contoh pada kasus kisruhnya persepakbolaan nasional kita.
Organisasi yang kacau dan terbelah dua menghasilkan suara suporter yang bersatu.

semua meneriakan nyanyian sumbang yang lama tidak kita dengar.
nyanyian bernama persatuan.

kita berbagi rasa sakit hati dan kebanggaan yang sama.

kita sebagai suporter dipersatukan, dan di dewasakan oleh sebuah kekacauan. 
oleh sebuah kegilaan.

tanpa kegilaan, kedewasaan itu tidak akan tampak.

kegilaan orde tiran selama 32tahun  membuat kita semua berani turun berbicara lantang ke jalan untuk melawan.
 
masih terekam dengan jelas di kepala saya, teriakan gegap gempita para rakyat ketika beliau memutuskan mundur saat itu..

semua berbagi kebahagiaan yg sama..



Fasisme gila membuat timur yang dingin dan barat yang bebas, bersatu.

Tanpa kejatuhan eropa, asia tidak akan di lirik dunia.

kalau bukan karena joker sakit jiwa, apa penduduk gotham akan saling peduli?




------

kegilaan jelas diperlukan...untuk menjaga agar kita tidak gila.

sama seperti dokter yg ada di awal tulisan ini.

dokter itu tidak memaksa kawan saya untuk berubah.

dia memberi kebebasan pada pasiennya sendiri untuk melakukan hal yg dianggap terbaik bagi diri mereka sendiri.

Dokter itu terlalu gila.

tapi berkat kegilaannya itulah, kawan saya berhasil meraih akal sehatnya kembali.

sejak saat itu dia berhenti minum minuman keras, merokok, dan mulai mencoba hidup sehat.

yaah, gak ada kata terlambat untuk berubah kan?
:)



bagi saya pribadi, setetes kegilaan atau chaos diperlukan bagi kehidupan..

tanpa kegilaan kita tidak akan menjadi apapun..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar